Perbedaan Program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4)

Perbedaan Program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4)

Apa Bedanya Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4)?

SoloMasih banyak yang belum paham apa perbedaan program sarjana (S1) dengan Sarjana Terapan atau Diploma Empat (D4), sama-sama ditempuh selama empat tahun dan mendapat gelar sarjana namun ada perbedaaan kemampuan bila mengambil jurusan atau program studi dengan program sarjana dan sarjana terapan.

Perbedaan…

Sarjana terapan merupakan jenjang pendidikan diploma yang setara dengan jenjang sarjana (S1). Nama lain dari jenjang ini ialah diploma empat (D4). Kedua program ini dikatakan setara karena memiliki bobot keilmuan yang setara dengan jenjang S1. Perbedaan sarjana dan sarjana terapan hanya pada perbandingan bobot keilmuannya. Bila pada jenjang sarjana, bobot teori keilmuan berkisar 70% sedangkan bobot praktiknya sebesar 30%. Sebaliknya, pada jenjang sarjana terapan, bobot keilmuannya berkisar 30% dan bobot praktiknya berkisar 70%.

Mengapa Sarjana Terapan…?

Program sarjana terapan memiliki fokus untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan unggul, yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri dan dunia kerja. Bila Anda ingin fokus dalam mencari pekerjaan dengan kompetensi dan keahlian khusus, maka disarankan untuk memilih program sarjana terapan. Sebab, Anda akan memiliki kemampuan praktik yang dibutuhkan di dunia kerja sekaligus pengetahuan lebih lengkap ketimbang jenjang diploma di bawah sarjana terapan.

Politeknik Indonusa Surakarta merupakan kampus vokasi terbaik se-Jawa Tengah yang siap melahirkan generasi muda yang unggul dan siap kerja dengan mengutamakan softskill maupun hardskill. Politeknik Indonusa juga menyediakan program sarjana terapan Manajemen Informasi Kesehatan atau dikenal dengan Rekam Medis, yang masih jarang ditemui di Indonesia khususnya Jawa Tengah.

Penerimaan mahasiswa baru pada gelombang satu masih dibuka sampai dengan 31 Mei 2021 mendatang. Pendaftaran dapat melalui online di link spmb.poltekindonusa.ac.id atau datang langsung ke kampus 1 di Jalan KH.Samanhudi No.31 Bumi, Laweyan, Surakarta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

snmpn polteknik 2021. snmpn 2021. sbmpn politeknik 2021. pengumuman sbmpn politeknik. snmptn 2021. bumame farmasi. bumame farmasi scbd. obat gemuk farmasi. holding bumn farmasi. protokol kesehatan new normal. protokol kesehatan 3m. gambar protokol kesehatan. login kampus mengajar. login kampus merdeka. kampus mengajar kemendikbud. kip kuliah 2021. pendaftaran kip kuliah 2021. kuliah tatap muka. daftar kip kuliah 2021. sbmptn 2021. aplikasi capcut. aplikasi penghasil uang 2021. download aplikasi vn. aplikasi x8 speeder. penerimaan mahasiswa baru 2021. beasiswa 2021 untuk mahasiswa. bantuan 1 juta untuk mahasiswa.