Program Studi D III - Farmasi

"Menjadi Pusat Pendidikan Vokasi Diploma III Farmasi yang unggul dan kompetitif pada tingkat global di bidang obat tradisional dan pelayanan kefarmasian pada tahun 2027."

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas mengadaptasi kemajuan dan perkembangan kefarmasian di bidang obat tradisional dan pelayanan kefarmasian.
  2. Melakukan penelitian di bidang farmasi dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan ilmu kefarmasian di bidang obat tradisional dan pelayanan kefarmasian.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam rangka memfasilitasi, mendukung dan mendorong pelayanan kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.
  4. Melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri yang berkelanjutan

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya Farmasi yang ahli di bidang obat tradisional dan pelayanan kefarmasian, berdaya saing tinggi dan mampu mengabdikan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki untuk masyarakat, bangsa dan negara.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan di bidang obat tradisional yang memiliki nilai tambah dalam perkembangan ilmu kefarmasian.
  3. Menghasilkan layanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan di bidang farmasi.
  4. Menghasilkan kerjasama yang baik di tingkat nasional dalam rangka meningkatkan mutu institusi, program praktek industri, penempatan alumni, dan pengembangan keilmuan di bidang farmasi.

Program Studi D3 Farmasi Politeknik Indonusa Surakarta berdiri tahun 2015 dengan No SK pendirian Program Studi 53/ M/ Kp/ III/ 2015. Program studi D3 Farmasi telah terakreditasi B berdasarkan Keputusan LAM-PTKes No : 0187/LAMPTKes/Akr/Dip/III/2018. Program Studi D3 Farmasi mempersiapkan tenaga teknis kefarmasian yang mempunyai keunggulan dalam hardskill yaitu lulusan yang
mempunyai keahlian khusus sesuai dengan kompetensi farmasi di bidang obat tradisonal serta pelayanan kefarmasian dan keunggulan dalam softskill yaitu lulusan yang mampu menerapkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan pembentukan karakter.

  1. Memiliki keahlian khusus dalam produksi sediaan obat tradisional.
  2. Mampu menjadi wirausahawan di bidang obat tradisional.
  3. Mampu mengoperasikan instrumen laboratorium.
  4. Mampu memberikan pelayanan mengenai informasi obat.
  5. Mampu mengaplikasikan distribusi sediaan farmasi baik untuk farmasi komunitas maupun industri farmasi.

Profil Lulusan Program Studi Farmasi

  1. Rumah Sakit.
  2. Apotek.
  3. Klinik Kecantikan.
  4. Toko Obat.

  1. Industri Obat Tradisional.
  2. Industri Farmasi.
  3. Industri Makanan dan Minuman.
  4. Industri Kosmetika.

  1. Pedagang Besar Farmasi.
  2. Industri Farmasi.
  3. Rumah Sakit.
  4. Apotek.

  1. Bagian Riset and Development industri farmasi.
  2. Pemerintahan (LIPI, BPOM).

Video Profil

Penerimaan Mahasiswa Baru

Melalui Website PMB Politeknik Indonusa Surakarta,
Anda akan mendapatkan informasi program studi / jurusan, biaya, beasiswa, pendaftaran secara online dan informasi lain yang terkait.

Sebelum melakukan pendaftaran, silahkan untuk membaca Informasi Penerimaan Mahasiwa Baru terlebih dahulu.