Bangga Kuliah di Kampus Vokasi

Bangga Kuliah di Kampus Vokasi

SoloPendidikan kejuruan atau vokasi menjadi pilihan kampus yang tepat di era globalisasi. Perguruan Tinggi banyak yang membuka program sarjana terapan untuk lulusan SMA/SMK/MA yang ingin fokus pada pendidikan vokasi. Sekolah vokasi melatih praktikum jauh lebih banyak dibandingkan pendidikan teori. Jangan heran kalau lulusan vokasi lebih banyak dibutuhkan perusahaan karena dianggap lebih siap terjun ke dunia kerja.

Sebelum kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih pendidikan kejuruan atau vokasi. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau melanjutkan pendidikan ke sekolah vokasi berikut ini :

  1. Teaching Factory

Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis industri/bisnis yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di dunia industri/bisnis dilaksanakan dalam suasana nyata seperti yang terjadi di industri/bisnis dan bertujuan agar mahasiswa mengalami pembelajaran dengan standar dan suasana yang “sama” dengan di industri.

  • Link and Match Industry

Link and Match Industry merupakan kebijakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi Perguruan Tinggi Vokasi dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya.

  • Lebih Banyak Praktik

Kuliah reguler biasa mungkin lebih banyak memberikan tugas atau mata kuliah teori yang membosankan. Tapi di kampus vokasi kamu akan lebih sering praktik, bobot praktikum sendiri 70% dan 30% teori. Kalau kamu tipe orang yang lebih suka aplikasi teori, bisa memilih pendidikan kejuruan atau vokasi yang memiliki lebih banyak praktik. Pelatihan langsung yang real atau mendekati situasi nyata di dunia kerja.

  • Magang Bersertifikat

Kampus vokasi memiliki program magang/praktik industri mahasiswa sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan di perguruan tinggi. Umumnya mahasiswa melaksanakan kegiatan magang/praktik industry selama 6 bulan yang dibagi menjadi 2 periode. Program magang mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, pastinya untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan kemudian dipraktikkan secara nyata di dunia industri.

  • Project Based Learning

Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Mahasiswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.

  • Kaya Soft skill dan Hard skill

Tidak hanya mencetak SDM yang ahli dibidangnya, kampus vokasi juga membentuk mahasiswa yang sangat mengutamakan Softskill maupun Hardskill. Kedua hal tersebut menjadi point mendasarkan di dunia industry.

  • Inovatif dan Kreatif Berkarya

Berada di kampus vokasi mahasiswa akan terus dilatih untuk memiki sifat inovatif dan kreatif dalam segala hal, baik dalam mengerjakan tugas kuliah, dalam berorganisasi maupun dalam bekerja.

  • Belajar dan Berlatih Wirausaha

Tidak hanya fokus pada materi program studi yang diambil, di kampus vokasi tentu mahasiswa akan belajar, berlatih dan memiliki ilmu berwirausaha. Mahasiswa akan diberikan pelatihan untuk menciptakan usaha dan lapangan pekerjaan sendiri.

  • Terampil dan Berdaya Saing Global

Selama perkuliahan mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan/ keterampilan yang dapat digunakan kelak di tempat kerja, dengan menyiapkan mahasiswa yang berkualitas agar mampu bersaing baik di dalam maupun diluar negeri

  • Mudah Beradaptasi di Dunia Kerja

Dengan membawa pengalaman yang didapatkan selama perkuliahan ditambah dengan adangan program magang tentu akan memudahkan alumni beradaptasi di dunia kerja. Seperti kemampuan komunikasi yang sudah terbentuk akan memudahkan untuk bekerja secara tim di tempat kerja.

Pendidikan vokasi merupakan solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan dan karir lebih cemerlang. Cocok untuk kamu yang mencari sekolah lebih memprioritaskan praktik dibandingkan teori saja.

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 telah dibuka gelombang dini. Potongan biaya hingga 50%* dan bebas tes seleksi. Pendaftaran dapat melalui online di spmb.poltekindonusa.ac.id.