Terbaik 1 Anugerah MBKM 2021 LLDIKTI Wilayah VI

Terbaik 1 Anugerah MBKM 2021 LLDIKTI Wilayah VI

Politeknik Indonusa Surakarta Mendapat Penghargaan Terbaik 1 Anugerah MBKM Kategori Sekolah Tinggi/Politeknik Swasta Terbaik di Jawa Tengah

Surakarta – Direktur Politeknik Indonusa Surakarta Ibu Ir. Suci Purwandari, MM menghadiri undangan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI dalam acara Anugerah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2021 pada Senin (23/8/21) di Gedung B Kantor LLDIKTI Wilayah VI, Bendan Dhuwur Semarang. Politeknik Indonusa Surakarta berhasil mendapatkan Penghargaan Terbaik 1 Kategori Sekolah Tinggi/Politeknik dalam acara Anugerah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2021 yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah VI tersebut.

Anugerah MBKM diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi LLDIKTI Wilayah VI terhadap PTS yang sudah mengimplementasikan kebijakan MBKM di Institusinya masing-masing. “Salah satu tujuan diadakannya Anugerah MBKM ini adalah untuk meningkatkan kualitas mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Jawa Tengah,” ujar Dr Lukman.

Dr Lukman juga menjelaskan bahwa penilaian didasarkan dari laporan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dilakukan oleh masing-masing PTS, kemudian dilakukan pembobotan dari 8 IKU tersebut yakni IKU 1 Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak (20%), IKU2 Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus (15%), Iku 3 Dosen berkegiatan di luar kampus (8%), IKU 4 Praktisi mengajar di dalam kampus (8%). Selanjutnya IKU 5 Hasil kerja dosen dipergunakan oleh masyarakat (12%), IKU 6 Program Studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia (15%), IKU 7 Kelas yang kolaboratif dan partisipatif (7%), dan IKU 8 Program Studi berstandar internasional (15%).

Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA, Kepala LLDIKTI Wilayah VI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi wajib melakukan transformasi, aktif dalam proses inovasi, kreasi, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan.

LLDIKTI Wilayah VI memberikan penghargaan Anugerah MBKM kepada Perguruan Tinggi berupa Trophy “Astha Udhra” yang memiliki filosofi 8 (delapan) yang mulia, yang berarti 8 IKU dengan tujuan mulia mencetak SDM unggul.

Politeknik Indonusa Surakarta telah berhasil menyelenggarakan program MBKM dengan menerapkan 8 IKU diatas, terbukti bahwa Politeknik Indonusa Surakarta telah melahirkan SDM berkualitas yang mampu bersaing di dunia industry dan mampu mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya, menyelenggarakan program magang mahasiswa untuk semua program studi sebagai bentuk  praktik kerja nyata mahasiswa di dunia industry, banyak dosen-dosen praktisi dari berbagai industri, ilmu dan bukti nyata mahasiswa maupun alumni berwirausaha, serta mahasiswa yang unggul dalam ilmu praktikum yang menguasai hardskill dan softskill.

Penghargaan Terbaik 1 Kategori Sekolah Tinggi/Politeknik yang diterima oleh Politeknik Indonusa Surakarta dalam Anugerah MBKM 2021 tentu menjadi semangat baru untuk Politeknik Indonusa Surakarta terus berdiri menjadi perguruan tinggi vokasi yang mewadahi mahasiswa untuk membekali diri menyongsong masa depan, mampu bersaing di dunia industri nasional maupun internasional.

Prestasi yang didapatkan ini tentu menjadi salah satu hadiah terindah untuk Dies Natalis Ke 19 Tahun Politeknik Indonusa Surakarta, yang jatuh pada tanggal 02 Agustus 2021 kemarin.