Pelatihan Perbaikan AC Kepada Karang Taruna Desa Windan, Kartasura

Pelatihan Perbaikan AC Kepada Karang Taruna Desa Windan, Kartasura

Dosen Teknologi Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta Mengadakan Pelatihan Perbaikan AC oleh Kepada Karang Taruna Desa Windan, Kartasura

SOLO – Tim dosen program studi D3 Teknologi Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta menggelar pelatihan kepada karang taruna Panji Puspa di Desa Windan, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan tersebut merupakan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Teknologi Otomotif dan beberapa mahasiswa.

Diketuai oleh Arif Surono, tim memberikan pelatihan memperbaiki Air Conditioning (AC) mobil tersebut dilaksanakan. Kegiatan ini menggandeng industri bengkel di desa setempat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan anggota karang taruna Panji Puspa, sehingga bisa menjadi bekal dalam berwirausaha mandiri,” tutur Ketua Program Studi D3 Teknologi Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta Sudiro, Sabtu (11/12).

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 anggota karang taruna dengan usia dan tingkat pendidikan yang beragam. Pelatihan yang dilakukan meliputi pengisian refrigeran/freon, pengecekkan kebocoran, pengukuran tekanan, pemvakuman, diagram kabel dan analisis kerusakan.

Konsep pelatihan dilakukan secara bertahap, diawali dengan sosialisasi kepada peserta. Kemudian pemberian materi, demo alat, dan terakhir praktik secara mandiri.

Tim dosen D3 Teknologi Otomotif telah menyiapkan alat trainer sebagai sarana pelatihan untuk mempercepat pemahaman awal peserta. Seperti mengetahui nama komponen dan bentuknya, serta siklus kerja dari AC itu sendiri.