Mesin Pengering Balung Kethek Karya Dosen Indonusa Raih Juara Di Krenova Karanganganyar

Mesin Pengering Balung Kethek Karya Dosen Indonusa Raih Juara Di Krenova Karanganganyar

Sebuah mesin pengering yang dirancang untuk mengeringkan makanan tradisional balung kethek berhasil menghantarkan tim inventor dari Desa Macanan , Kecamatan Kebakramat sebagai juara III dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyakarat (Krenova) Karanganyar Tahun 2024 dalam kategori masyarakat umum.

Mesin pengering telah digunakan oleh salah satu desa wisata di Kabupaten Karanganyar yaitu Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo. Ide awal pembuatan mesin pengering dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim inventor dari tahun 2022 di pokdarwis desa dayu sebagai produsen balung kethek. Tim dalam melakukan pendampingan melihat proses produksi yang cukup panjang mulai dari mengupas, pemotongan, pengukusan , pengeringan, dan penggorengan/pembumbuan yang memakan waktu 1 minggu untuk setiap satu kali produksi. Alat ini ternyata mampu mengurangi waktu pengeringan yang sebelumnya dengan sinar matahari selama 3 hari untuk 50 kg , dengan alat ini menjadi 1 jam / kg atau 2 hari / 50 kg.

Tim inventor memiliki ide dan kepedulian akan permasalahan di masyarakat karena tak lepas dari pekerjaan mereka sebagai dosen di Politeknik Indonusa Surakarta . Tim yang diketuai oleh Anditha Sari dengan anggota wachid yahya dan wahyu tri hastiningsih kemudian menciptakan mesin pengering dengan keunggulan memiliki kipas yang dapat diatur tingkat kecepatannya sebagai pendorong aliran udara panas selain itu juga terdapat  rongga dinding yang memiliki sirip bengkok dan lubang cekung di setiap rak sebagai tempat terjadinya turbulensi pada udara panas di dalam ruang pengering sehingga dihasilkan kemampuan pengeringan yang lebih cepat dan merata serta memberikan nilai ekonomis lebih dalam usaha. Prestasi ini tidak hanya menegaskan posisi Politeknik Indonusa sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada inovasi dan keunggulan akademik tetapi juga berguna bagi masyarakat secara umum.

Saat ini Politeknik Indonusa masih membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa baru yang ingin membuat langkah awal yang penting dalam perjalanan pendidikan Anda menuju kesuksesan karier. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan kerja sama erat dengan industri, Politeknik Indonusa menjanjikan pengalaman belajar yang berharga dan relevan. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai program studi yang ditawarkan dan memulai perjalanan pendidikan Anda di Politeknik Indonusa. Mari bergabung bersama Politeknik Indonusa

Ayo Kuliah!

Kuliah Solo? Polinus Aja 🎓🎓

SALAM MAHASIWA !

More Information :

🌐 www.poltekindonusa.ac.id

👨‍💻 daftar online : spmb.poltekindonusa.ac.id

📱 WA : 0823-2403-0005

📒 FB : Politeknik Indonusa Surakarta

✏ IG : @poltek_indonusa

🐦 Twitter : @poltekindonusa˙