Politeknik Indonusa Surakarta Mengembangkan Pengelolaan Media Digital Kelompok Wanita Tani

Politeknik Indonusa Surakarta Mengembangkan Pengelolaan Media Digital Kelompok Wanita Tani

Solo – MBKM merupakan singkatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program ini merupakan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020. Mahasiswa Program Studi D3 Komunikasi Massa semester IV di bulan Juni melakukan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Proyek Desa KKN mengembangkan pengelolaan media digital di berbagai kelompok wanita tani. Terdapat 4 kelompok yang tersebar di Kabupaten Surakarta dan Sukoharjo. Di Surakarta sendiri berada di kelurahan Joglo dan Pucangsawit, untuk yang di Kabupaten Sukoharjo di wilayah Trangsan dan Nguter.

Dengan adanya MBKM ini diharapkan dapat memunculkan paradigma baru didalam pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Dalam program ini mahasiswa dapat memilih delapan program MBKM yang ditawarkan oleh kementrian, dimana dalam program ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti perkuliahan diluar program studi dalam perguruaan tinggi yang sama selama satu semester atau setara dengan 20sks.

Di bawah bimbingan Dosen A.Anditha Sari, S.Sos, M.I.Kom dan Maharani Ayuningtyas, M.I.kom kegiatan MBKM Proyek Desa KKN Tematik yang dilakukan Mahasiswa Komunikasi Massa berupa peningkatan media digital, pembuatan logo dan media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Facebook. Melalui sosial media , informasi mengenai kegiatan dan produk Kelompok Wanita Tani (KWT) dapat dikenal lebih luas oleh khalayak. Sebagai contoh cocodema yang dihasilkan oleh KWT Pucangsawit atau minuman Jancuk dari KWT Trangsan dan sirup bunga telang dari KWT Joglo.

Pada kesempatan acara Anugerah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2021 yang digelar oleh LLDIKTI Wilayah VI Politeknik Indonusa Surakarta mendapatkan juara 1 kategori Politeknik/Perguruan Tinggi. Hal tersebut menjadi semangat bagi Politeknik Indonusa Surakarta untuk terus berprestasi, unggul dan menjadi panutan bagi perguruan tinggi yang lain dalam menerapkan MBKM dalam proses belajar mengajar di Kampus.

Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Indonusa Surakarta tahun akademik 2022/2023 memasuki gelombang 2, terdapat ragam pilihan kelas yang ada di Politeknik Indonusa Surakarta yaitu kelas pagi, kelas petang, kelas transfer dan kelas karyawan. Untuk mahasiswa yang bekerja di pagi hari, bisa mengambil kuliah petang yaitu dari jam 17.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Bisa juga mengambil kelas karyawan dengan perkuliahan seminggu hanya dua kali dengan masa tempuh yang dipangkas. Pendaftaran mahasiswa baru melalui link spmb.poltekindonusa.ac.id segera daftarkan dirimu karena kuota terbatas.