Mesin Otomotif

Visi
Menjadi Pusat Pendidikan Unggulan Berbasis Vokasi di Bidang Mesin Otomotif dalam Menyediakan Sumber Daya Professional di Tingkat Nasional Pada Tahun 2022

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional di bidang mesin otomotif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menghasilkan lulusan yang terpercaya, berbudi pekerti luhur serta memiliki jiwa berjuang dan kemandirian.
  2. Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang mesin otomotif dalam mengantisipasi perkembangan teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan penempatan alumni di dunia usaha industri dalam rangka meningkatkan nilai tambah keunggulan program studi.
  4. Menjalin kerjasama baik di dalam negeri maupun diluar negeri dalam rangka peningkatan kualitas lulusan, mutu lulusan, praktek industri dan penempatan alumni.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan profesional mesin otomotif yang memiliki keunggulan di bidang EFI (Electronic Fuel Injection), Electrical Automotive, Desain Mesin dan Karoseri.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermutu untuk meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang mesin otomotif.
  3. Menghasilkan layanan yang professional di masyarakat dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang otomotif
  4. Menghasilkan alumni yang mampu bekerja secara mandiri melalui kemampuan berwirausaha sesuai dengan bidangnya .
  5. Terwujudnya kerjasama baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka peningkatan kualitas, mutu lulusan, praktek industri dan penempatan alumni.

Profil Lulusan Program Studi Mesin Otomotif

  1. Menjadi Manajer / Supervisor di Industri bidang Otomotif
  2. Menjadi Designer komponen / body Otomotif
  3. Menjadi Instruktur / Guru
  4. Menjadi Wirausaha bidang Otomotif

Rumusan Learning Outcome Program Studi Mesin Otomotif

  1. Memiliki kemampuan untuk bekerja di industri perakitan kendaraan bermotor
  2. Memiliki kemampuan untuk bekerja di industri perawatan dan perbaikan otomotif
  3. Memiliki kemampuan untuk bekerja di industri karoseri otomotif
  4. Memiliki kemampuan untuk bekerja di lembaga pengujian kendaraan bermotor
  5. Memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai pengelola bengkel otomotif dan Wirausaha mandiri