Program Studi D – III Perhotelan
program studi perhotelan terakreditasi A

Menjadi Pusat Pendidikan Tinggi Vokasi Unggulan bidang Perhotelan berstandard Global tahun 2027”.
The center of excellent hotel vocational higher education with global standard in 2027

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi unggulan di bidang perhotelan berdasarkan Pancasila dengan etika dan semangat kerja yang tinggi dan mempunyai keahlian khusus dibidang culinary art dan penguasaan sistem informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang perhotelan yang berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan industri sebagai referensi narasumber, penempatan praktek industri dan alumni dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan keunggulan program studi.

  1. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Perhotelan yang yang berjiwa Pancasila dan dapat bersaing ditingkat nasional dengan etika dan semangat kerja yang tinggi.
  2. Menghasilkan tenaga ahli di bidang Perhotelan yang mempunyai keahlian khusus culinary art dan penguasaan teknologi system informasi perhotelan disamping keahlian utamanya.
  3. Menghasilkan penelitian bidang perhotelan yang berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  4. Menyelenggarakan karya-karya pengabdian masyarakat bidang perhotelan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan industri dalam peningkatan kualitas kualitas belajar mengajar dan praktek serta penempatan alumni

  1. Menguasai konsep teori dibidang perhotelan secara umum dalam mendukung tugas pekerjaan operasional dibidang perhotelan
  2. Mampu menghasilkan produk perhotelan baik yang tangible maupun intangible secara sendiri maupun berkelompok
  3. Mampu memahami manfaat keberadaan hotel kepada semua stakeholder (owner, karyawan, tamu, supplier/vendor dan masyarakat sekitar)
  4. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional, setara dengan kemampuan berbahasa pada tingkat intermediate.
  5. mampu secara mandiri dan berkelompok memberikan pelayanan prima dalam operasional hotel (kantor depan hotel, tata graha, pengelolaan kue (baking and pastry), pengelolaan makanan (culinary art), dan tata hidang) sesuai dengan standar hotel bintang lima dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja keragaman budaya, kearifan budaya lokal, dan representasi budaya dalam proses pelayanan;

  1. Bekerjasama dan memimpin tim/kelompok kerja
  2. Menyelesaikan setiap pekerjaan dalam operasional hotel
  3. Mengidentifikasi permasalahan dalam operasional perhotelan
  4. Menguasai konsep teori dibidang perhotelan secara umum dalam mendukung tugas pekerjaan operasional dibidang perhotelan
  5. Memahami operasional hotel secara keseluruhan

Sesuai dengan ideologi negara dan budaya bangsa Indonesia maka inplementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihann kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mncakup proses yang menumbuh kembangkan afeksi sebagai berikut :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik didalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepeduliann yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekeragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang perhotelan seperti; food & beverage service, front office, food product, dan housekeeping.
  2. Keunggulan prodi sesuai kompetensi perhotelan dengan keahlian khusus seperti culinary art, penguasaan teknologi sistem informasi perhotelan, mampu mengaplikasikan hygiene, sanitasi dan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta mempunyai kemampuan manajerial dan leadership untuk berkomunikasi dan kerjasama dalam organisasi.
  3. Menerapkan nilai-nilai agama dan kebangsaan yakni semangat, kasih sayang, pengendalian diri, berani membela yang benar, rendah hati, kebaikan, setia dan tanggung jawab, damai, dan adil. Lulusan juga dibekali materi untuk pembentukan karakter percaya diri yang tinggi, sadar akan nilai sosial dan kultur bangsa serta kemandirian yang kuat.

Video Profil

Prestasi Mahasiwa

Penerimaan Mahasiswa Baru

Melalui Website PMB Politeknik Indonusa Surakarta,
Anda akan mendapatkan informasi program studi / jurusan, biaya, beasiswa, pendaftaran secara online dan informasi lain yang terkait.

Sebelum melakukan pendaftaran, silahkan untuk membaca Informasi Penerimaan Mahasiwa Baru terlebih dahulu.