Seminar Entrepeneur : A Key To Be Success Era Digital

Oleh: Admin Manajemen Informatika, 8 Februari 2018



Perkembangan teknologi informasi berdampak pada segala sektor kehidupan masyarakat. Sektor yang berdampak pada perkembangan teknologi informasi antara lain sektor ekonomi. Hal tersebut berdampak pada perubahan strategi para pelaku usaha dalam meningkatkan bisnisnya. Berangkat dari hal di atas, Program Studi Manajemen Informatika menyelenggarakan Seminar “Entrepeneur A Key To Be Succes Era Digital” di Kampus 1 Politeknik Indonusa Surakarta Jl. KH. Samanhudi No 31 Mangkuyudan Surakarta pada Rabu (7/2). Peserta seminar merupakan mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta dan peserta dari kalangan Umum

Sebagai kata sambutan, Ketua Program Studi Manajemen Informatika Canggih Ajika Pamungkas menerangkan pentingnya pemanfaatan media digital dalam meningkatkan bisnis. Saat ini sudah masuk era baru ekonomi yang disebut ekonomi digital. Saatnya bisnis bertumbuh pesat lewat perangkat digital, akan sulit bagi pelaku usaha yang tidak segera tanggap akan hadirnya era digital ini. Media sosial tidak lagi digunakan hanya untuk bersosialisasi, melainkan juga menjadi sarana berkegiatan ekonomi. Pada akhir sambutannya Canggih menyampaikan harapannya dari kegiatan seminar ini yaitu tumbuhnya jiwa wirausaha yang mampu bersaing seiring perkembangan teknologi informasi.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut adalah Edy Susena dan Ryo Juara. Edy Susena merupakan seorang akademisi yang menjabat sebagai wakil direktur I bidang akademik Politeknik Indonusa Surakarta menyampaiakan bahwa perlunya semangat kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi dalam proses menjadi pelaku usaha. Disamping itu pelaku usaha juga perlu menerapkan strategi baru menghadapi era digital untuk mewujudkan wirausaha unggulan dan berdaya saing.

Narasumber kedua yaitu Ryo Juara yang merupakan CEO DELIVO, founder EVO, Owner Lion Parcel POS Keprabon dan juga konsultan Rumah Kreatif BUMN Solo menyampaikan bahwa Untuk dapat menentukan pilihan usaha yang tepat, maka harus melihat kemampuan dan passion yang ada di diri pribadi, dan biasanya usaha yang dibangun pertama kali berdasarkan passion juga hobby akan lebih hidup dan menghasilkan kesuksesan dibanding dengan usaha yang mengikuti tren dan orang lain. Kedatangan pengusaha muda yang juga aktif di JCI (Junior Chamber Internasional Indonesia) ini mampu memberikan semangat para peserta seminar.

Ketua Panitia Octafian Andi Hermawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara seminar ini. Acara ditutup dengan penyerahan Vandel dari Ketua Program Studi Manajemen informatika Canggih Ajika Pamungkas kepada Ryo Juara dan dari Sekretaris Program Studi Manajemen Informatika kepada Edy Susena.