Pentas Seni Mahasiswa Baru Politeknik Indonusa Surakarta

Solo – Politeknik Indonusa Surakarta membuka kegiatan PKKMB 2017 dengan Upacara Pembukaan PKKMB pada hari Selasa (5/9) di halaman Kampus Politeknik Indonusa Surakarta. Kegiatan PKKMB tahun ini diikuti oleh 397 mahasiswa baru dari 5 (lima) program studi. Upacara Pembukaan PKKMB 2017 ditutup dengan pertunjukan pentas seni oleh para mahasiswa baru Politeknik Indonusa Surakarta. Ada 4 (empat) pertunjukan yang dipersembahkan oleh para mahasiswa baru, yaitu : Tari Gambyong, Tari Aster, Tari Topeng Ireng dan Modern Dance.

Pertunjukan pertama yaitu Tari Gambyong yang merupakan tari adat dari Surakarta. Sejarah tari ini awal mulanya hanyalah sebuah tarian rakyat dan merupakan sebuah tarian kreasi baru dari perkembangan Tari Tayub.

Pertunjukan selanjutnya yaitu Tari Aster yang merupakan sebuah tarian yang berasal dari Papua, dan dibawakan langsung oleh para mahasiswa baru program studi D3 Farmasi Politeknik Indonusa Surakarta yang berasal dari Papua.

Pertunjukan ketiga yaitu Tari Topeng Ireng yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Tari Topeng Ireng yaitu sebuah tarian peninggalan wali untuk menyebarkan agama Islam. Dalam pertunjukannya, penari akan berbaris lurus dan diiringi oleh irama gamelan yang cukup kencang dan penuh semangat, seperti makna nama dari Tari Topeng Ireng itu sendiri (Toto Lempeng Irama Kenceng).

Pertunjukan terakhir yang ditampilkan oleh 7 (tujuh) mahasiswa baru yaitu Modern Dance. Berbagai kegiatan seni, olahraga dan bakat mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta terorganisir dengan baik dalam UKM Seni dan Olahraga. Sehingga minat dan bakat para mahasiswa dapat tersalurkan secara positif.