Politeknik Indonusa Surakarta Gelar Hotel Competition 2017

Kompetisi yang digelar pada Senin, 22 Mei ini ini diikuti oleh 79 peserta dari berbagai SMK, Perguruan Tinggi, Lembaga Pelatihan Kursus/Keterampilan (LPK) dan Hotel di Jawa Tengah. Setidaknya terdapat tiga nomor yang diperlombakan dalam Hotel Competition, antara lain : Making Bed (Keterampilan Menata dan Merapikan Tempat Tidur), Noodle Cooking (Ketrampilan Memasak berbahan dasar Mie), dan Tray Race (Keterampilan dalam Membawa Minuman sambil Berjalan Cepat).  Acara yang baru pertama kali diselenggarakan ini mengambil tempat di Solo Paragon & Residences.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Surakarta, Basuki Anggoro Hexa.  Dalam sambutannya, Basuki mengatakan dengan sering diadakannya kompetisi akan memberi dampak positif bagi para pelaku perhotelan dalam memberikan layanan kepada tamu hotel sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Solo.

Ditambahkan pula, dalam sambutannya Direktur Politeknik Indonusa Surakarta, Ir. Suci Purwandari, MM dalam upaya untuk memacu jiwa kompetisi dan mencari pembanding bagi pengembangan pembelajaran, kompetisi yang dulu biasanya diadakan di lingkungan kampus saat ini diadakan dengan menggandeng pihak luar.  Momen ini sekaligus digunakan untuk menunjukkan keseriusan Politeknik Indonusa Surakarta dalam mengembangkan SDM yang kompetitif di bidangnya.

Dewan juri Hotel Competition 2017 terdiri atas perwakilan dari Indonesian Chef Association (ICA), Indonesian Housekeepers Association (IHKA) dan praktisi perhotelan.

Setelah sesi perlombaan usai dan dilakukan penilaian oleh dewan juri, Juara I lomba Making Bed kategori pemula diraih oleh Asmungi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia Semarang), Juara II diraih oleh Flater (SMK Ksatriyan Pabelan Sukoharjo) dan Juara III diraih oleh Suprapto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia Semarang). Dalam lomba Making Bed kategori umum, Juara I diraih oleh Ayub (Alila Hotel Solo), Juara II diraih oleh Fauzan (Solo Paragon Hotel), dan Juara III diraih oleh Ardyanto (Syariah Hotel Solo).

Pada lomba Tray Race kategori pemula, Juara I diraih oleh Rian Ruswanto (Politeknik Indonusa Surakarta), Juara II diraih oleh Anom Wisnu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia Semarang), dan Juara III diraih oleh Vebri Kristiani (Politeknik Indonusa Surakarta). Pada kategori umum Juara I diraih oleh Herry (Syariah Hotel Solo), Juara II diraih oleh Rico Bagus (Nava Hotel Tawangmangu), dan Juara III diraih oleh Mega (Solo Paragon Hotel).

Selanjutnya pada lomba Noodle Cooking kategori pemula Juara I diraih oleh Selvina (LPK Adam Mulia Solo), Juara II diraih oleh Setyaji Yoga (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Solo), Juara III diraih oleh M. Candra (Politeknik Indonusa Surakarta). Sedangkan untuk kategori umum, Juara I diraih oleh Yoshua Adhitama (Kayu Arum Resort Salatiga), Juara II diraih oleh Khusnul Khotimah (Syariah Hotel Solo), dan Juara III diraih oleh Stevanus Kofta (D’Access Hotel & Culinary Training Center Boyolali).