Andropreneur, Satu Genggaman Menjadi Jutawan. Workshop Kewirausahaan Oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai inovasi dan kewirausahaan, Program Studi D3 Manajemen Informatika mengadakan Workshop Kewirausahaan dengan judul “Andropreneur, Satu Genggaman Menjadi Jutawan”. Bertempat di ruang seminar 2 Politeknik Indonusa Surakarta, workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu Muhammad Qoyyim, S.Sos., M.Si dan Mira Novita Sari. Dengan diikuti 121 peserta. Peserta yang mengikuti workshop ini berasal dari berbagai latar belakang diantaranya mahasiswa, pendidik, wiraswasta, dll.

Workshop yang dilaksanakan 9 Mei 2017 ini dibuka oleh Ketua Program Studi D3 Manajemen Informatika Canggih Ajika Pamungkas, M.Kom. Dalam sambutannya Canggih menyampaikan bahwa dengan terus berkembangnya teknologi yang serba modern saat ini nampaknya banyak dimanfaatkan oleh sebagian netter untuk mencari peluang usaha melalui jaringan internet. Namun untuk memulai usaha seperti ini tentunya diperlukan kecermatan dan kerja keras. Canggih juga menyampaikan bahwa saat ini teknologi informasi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, sehingga bisa dikatakan bahwa masyarakat modern memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi informasi.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan yaitu Edy Susanto, S.Kom. Wakil Direktur III menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah agar terbukanya mindset wirausaha dalam diri peserta workshop, dan dari mindset tersebut akan muncul sikap mandiri, inovatif, kreatif, dan berjiwa entrepreneur.

Pada Sesi pertama, Muhammad Qoyyim, S.Sos., M.Si memaparkan tentang peluang berwirausaha memanfaatkan aplikasi berbasis android. Dalam sesi pertama ini Muhammad Qoyyim, S.Sos., M.Si juga memandu mahasiswa menggunakan salah satu contoh aplikasi android yaitu BebasBayar. Aplikasi BebasBayar merupakan solusi untuk memenuhi seluruh kebutuhan pembayaran tagihan rutin (PDAM, PLN, Telpon, Pulsa, dll) secara praktis, mudah dan menguntungkan. Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna akan memiliki kesempatan untuk memperoleh Bonus Afiliasi langsung Jutaan Rupiah per bulan dari setiap transaksi pembayaran yang dilakukan.

Pada sesi yang kedua diisi oleh seorang anak muda Solo yang sudah banyak memiliki pengalaman tentang online shop yaitu Mira Novita Sari. Mira Novita Sari yang juga mahasiswi Program Studi D3 Manajemen Informatika ini memberikan informasi dan tips untuk sukses menjalankan bisnis melalui online shop.

Akhir dari acara ini yaitu sesi diskusi antara narasumber dan peserta. Banyak sekali pertanyaan dan penenyampaian pendapat dari peserta workshop, hal ini dikarenakan penyampaian yang baik dan menarik dari kedua narasumber sehingga mampu meningkatkan antusias peserta workshop.